25 November Hari Guru : Menjadi Guru Tidaklah Mudah

Menjadi Guru Tidaklah mudah

25 November selalu di peringati sebagai hari guru nasional, guru merupakan seorang pengajar yang mendidik,mengajar membimbing dan mengarahkan seseorang baik jalur sekolah,pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Disetiap zaman guru selalu memiliki perubahan baik perubahan dalam proses mengajar ataupun proses dalam memberikan ilmu kepada mereka yang mendapatkan pengajaran.
Guru zaman dahulu selalu mengajarkan kedisiplinan terhadap anak, mengajarkan bagaimana cara beretika yang baik dan benar serta selalu tegas dalam pembelajaran contohnya ketika siswa tidak mengerjakan PR tepat waktu maka akan dihukum, bermain didalam kelas saat pembelajaran berlangsung guru selalu bersikap tegas dan menegur serta tidak segan-segan memberikan hukuman yang cukup berat dengan tujuan para anak didik bisa jera dan tidak mengulangi hal yang tidak seharusnya dilakukan tersebut.
Namun berbeda dengan zaman sekarang, diera yang terbilang cukup moderen ini guru dengan mudahnya memberikan pelajaran dengan menggunakan teknologi seperti LCD Proyektor dan menjelaskan nya pun selalu singkat sebab siswa lah yang diberikan keleluasan untuk mencari dan mempelajari sendiri  atau sering dikatakan pembelajaran dipusatkan pada siswa sedangkan guru sebagai fasilitator serta memberikan arahan pada siswa,selanjutnya Guru akan lebih mudahnya berinteraksi langsung kepada siswa atau menasehati siswa dengan lebih lembut.
Jika cara mengajar guru selalu berubah seiring berjalan nya waktu namun guru tetaplah guru, mereka selalu dikatakan pahlawan tanpa jasa sebab dengan penuh kesabaran serta pengorbanan mereka mengajarkan murid-muridnya dari pagi hingga menjelang sore, guru berjuang membesakan rakyat dari kebodohan serta dapat mencerdaskan rakyat, mungkin yang tadinya mereka tidak tahu menjadi tahu dengan demikian pendidikan merupakan ujung tombak perubahan. 
Kepribadian guru menjadi kunci kesuksesan dalam proses pembelajaran,membuat anak didik merasa nyaman sehingga segala materi yang diberikan akan lebih mudah diterima oleh anak didik adalah salah satu kepribadian yang sudah seharusnya dimiliki. Tidak hanya itu guru harus memiliki sifat profesional, bijaksana, cerdas dan harus selalu sabar sebab murid selalu memiliki karakter yang berbeda ada yang dengan mudahnya menangkap pembelajaran namun adapula yang sulit menangkap meski telah dijelaskan beberapa kali.
Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang guru itu tidaklah mudah dan gampang, menangani puluhan siswa dengan berbagai karakter mengharuskan guru memiliki energi yang lebih. Menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang sangat mulia,profesi guru adalah cara paling mudah dalam menularkan ilmu dan mampu menjadi teladan di setiap harinya. 25 november menjadi bukti sejarah bahwa penghargaan untukguru,mengenang jasa dan perjuangan para guru sangatlah diperlukan berkat jasa-jasa nya anak muda dapat meneruskan cita-cita bangsa,mengharumkan nama baik indonesia. Selamat Hari Guru Di Seluruh Indonesia,  dimanapun kalian berada hormatilah guru dan amalkan ilmu yang telah didapatkan, keberlangsungan generasi masa depan ditentukan oleh guru karena hari guru mewakili kepedulian dan apresiasi yang ditampilkan demi peranan yang tidak mudah itu.
Sekali lagi selamat hari guru, untuk guruk Indonesia dimanapun berada,lagu yang diciptakan oleh Sartono ini akan di persembahkan untukmu dengan sepenuh hatiku sebagai wujud penghormatan untukmu pahlawan bangsa. 
Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru 
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan ku ukir didalam hatiku
Sebagai prasasti terimakasihku 
Tuk pengabdianmu
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa 
Tanpa tanda jasa
Maros, 25 November 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Profesi Hukum

Kekerasan Terhadap Pemuka Agama