Sekilas Kejadian yang dihadapi oleh Negara.



Sekilas Kejadian yang dihadapi oleh Negara.
Ada apa engkau PKI.
Apasih itu PKI, yang sampai sekarang ini masih dalam polemik bangsa dan Negara Indonesia. Kami selaku cucu bangsa ini tidak terlalu paham apa yang terjadi dimasa lalu, sehingga kami hanya bisa mampu menerwangnya, padahal kejadian ini adalah merupakan proses yang dihadapi Indonesia disaat sebelum kemerdekaan Indonesia bahkan setelah Indonesia merdeka, bahkan kami disuruh acuh aja terhadap kejadian itu dengan kata “  the song is over, lagu itu telah selesai “ itulah PKI, lalu apa itu PKI? Ialah partai komunis indonesia. Padahal bung karno pernah mengatakan jas merah ( jangan lupa sejarah ) karena dengan sejarah kamu bisa menegetahui apa yang terjadi dimasa lalu dan menjadikan dasar dari kejadian yang terjadi sampai saat sekarang ini dan dimasa yang akan dating.
 Pembantaian di Indonesia 1965–1966 (terkadang disebut sebagai Genosida di Indonesia) adalah peristiwa pembantaian terhadap orang-orang yang dituduh komunis di Indonesia pada masa setelah terjadinya Gerakan 30 September di Indonesia. Diperkirakan lebih dari setengah juta orang dibantai dan lebih dari satu juta orang dipenjara dalam peristiwa tersebut. Pembersihan ini merupakan peristiwa penting dalam masa transisi ke Orde Baru: Partai Komunis Indonesia (PKI) dihancurkan, pergolakan mengakibatkan jatuhnya presiden Soekarno, dan kekuasaan selanjutnya diserahkan kepada Soeharto.
Jangan lupa konteks dunia dengan perang dingin, bung karno sangat dibenci oleh Negara barat ( amerika ), dengan hal itu bung karno menggalang persatuan yang disebut dengan NASAKOM ( Nasionalis, Agama, dan Komunis ), sehingga hal itu memberikan angin segar kepada PKI, padahal sudah disikat habis oleh MUSO pada tahun 1948.
Tragedi kemanusiaan ini berawal dari konflik internal dalam tubuh Angkatan Darat yang muncul sebagai akibat kesenjangan perikehidupan antara tentara prajurit dengan tentara perwira. Konflik laten dalam tubuh Angkatan Darat yang sudah dimulai sejak 17 tahun sebelumnya, kemudian mendapatkan jalan manifestasinya ketika muncul isu tentang rencana Kudeta terhadap kekuasaan Soekarno yang akan dilancarkan oleh Dewan Jenderal. Perwira-perwira Angkatan Darat yang mendukung kebijakan Sosialisme Soekarno kemudian memutuskan untuk melakukan manuver (aksi) polisionil dengan menghadapkan tujuh orang Jendral yang diduga mengetahui tentang Dewan Jendral ini ke hadapan Soekarno. Target operasi adalah menghadapkan hidup-hidup ketujuh orang Jendral tersebut. Fakta yang terjadi kemudian adalah tiga dari tujuh orang Jendral yang dijemput paksa tersebut, sudah dalam keadaan anumerta.
Negara tidak perlu minta  maaf terhadap PKI, apalagi sampai sekarang ini. Pak jokowi sebagai presiden tidak usah minta maaf terhadap PKI, jangan sampai hal itu muncul reaksi dari masyarakat sangat kuat, karena akan timbul persoalan baru apalagi masalah jokowi sudah terlalu banyak. Karena kalau Negara minta maaf itu mengandung bahwa Negara mengakui memilki salah terhadap G30S/PKI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Profesi Hukum

Kekerasan Terhadap Pemuka Agama